RENCANA
PROGRAM PEMBELAJARAN
( R P P
)
1.
Identitas Mata Pelajaran :
|
||
Nama Sekolah
|
:
|
MI
RAUDLATUL HUDA TERBAN
|
Kelas / Semester
|
:
|
V / 1
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Sejarah Kebudayaan
Islam
|
Jumlah
Pertemuan
|
:
|
3 kali
|
2. Standar
Kompetensi
|
:
|
1.
Mengenal peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw ke Yatsrib
|
3. Kompetensi
Dasar
|
:
|
1.1 Mengidentifikasi sebab-sebab hijrah Nabi
Muhammad Saw ke Yatsrib
|
4. Tujuan
Pembelajaran
|
:
|
Siswa dapat menjelaskan peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw
ke Yatsrib
|
Karakter
siswa yang diharapkan
|
:
|
Religius. Jujur. Toleransi. Disiplin, Kerja keras,
Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu. Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial,
Tanggung jawab
|
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
|
:
|
Berorientasi tugas dan hasil,
Berani mengambil resiko, Percaya diri, Keorisinilan, Berorientasi ke masa depan
|
5.
Materi ajar
|
:
|
§
Peristiwa
Baiatul Aqobah I
§
Peristiwa
Baiatul Aqobah II
§
Rencana
jahat (makar) kaum kafir Quraisy terhadap Nabi Muhammad Saw
|
6.
Alokasi waktu
|
:
|
6 x35
menit
|
7.
Matode Pembelajaran
|
:
|
§
Metode
ceramah
§
Metode
diskusi
§
Metode
tanya jawab
§
Metode drill
|
8.
Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan ke -
1
- Pendahuluan (10 menit)
§ Guru
memberikan salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmallah dan
kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran.
§ Siswa
menyiapkan buku SKI , membuka bab yang akan dipelajari.
§ Secara
bersama membaca materi peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib dan sub
menjelaskan peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib
§ Guru
menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dan tujuan atau
kompetensi dasar yang akan dicapai.
§ Guru
memotivasi dan mengajak siswa untuk berpartisifasi aktif dalam pembelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar